Halaman

Jumat, 03 Januari 2014

CLIENT - SERVER



CLIENT – SERVER DENGAN JAVA
Dalam pembuatan aplikasi client – server ini dibutuhkan 2 komponen yaitu client dan server. Client bertindak memberikan perintah dan server yang menerima perintah dari client tersebut.
Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Ketikkan source code dibawah ini kedalam text editor seperti Notepad++, Edit++, Eclipse ataupun IDE lainnya. Untuk memasukkan source code program ini saya menggunakan Notepad++. source code tersebut kedalam direktori yang anda inginkan. Disini saya menyimpannya dengan nama SimpleServer.java. Disini saya menyimpannya kedalam direktori C:\Users\axioo.  File ini bertindak sebagai server.
  

















2. Prosesnya sama seperti file SimpleServer, ketikkan source code dibawah ini dan simpan kedalam direktori yang anda inginkan. Disini saya menyimpannya dengan nama SimpleServer.java. Disini saya menyimpannya kedalam direktori C:\Users\axioo. File ini bertindak sebagai server client.
  
















3. Setelah proses penyimpanan selesai, maka lanjut dengan proses compile danrunning. Proses compile dan running ini dijalankan dengan menggunakan cmd (command prompt) pada windows. Pertama untuk client, buka cmd nya terlebih dahulu yaitu pada menu Start > Accessories > Command Prompt atau langsung ketikkan cmd pada menu Run. Kemudian didalam cmd kita sesuaikan dengan direktori tempat penyimpanan file programnya. Selanjutnya proses compile dan running dapat dilaksanakan.  Sebelum menjalankan program ini kita harus meng-compilenya terlebih dahulu dengan perintah javac SimpleClient.java dan untuk menjalankannya dengan perintah java SimpleClient <nama komputer anda>.
  

4. Proses selanjutnya sama seperti SimpleClient. Compile file SimpleServer dengan perintah javac SimpleServer.java dan jalankan dengan perintah java SimpleServer.
  

5.  Selanjutnya jalankan file SimpleServer dan muncul keterangan yang menandakan bahwa server telah aktif. Kemudian jalankan file SimpleClient dan ketikkan pesan ‘salam’. Jika transfer data berhasil, akan muncul balasan bahwa pesan telah diterima seperti gambar dibawah ini.


Namun ada pengecualian dalam pengiriman pesan. Jika yang dikirimkan selain kata ‘salam’ maka akan muncul balasan bahwa server tidak mengerti apa yang telah dikirim client.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar