Halaman

Jumat, 27 September 2013

Aplikasi yang menggunakan protokol TCP dan UDP



Contoh aplikasi –aplikasi yang menggunakan protokol UDP dan TCP

Contoh aplikasi –aplikasi yang menggunakan protokol UDP
Contoh protokol aplikasi yang menggunakan UDP : 
• DNS (Domain Name System) 53
• SNMP, (Simple Network Management Protocol) 161, 162
• TFTP (Trivial File Transfer Protocol) 69
• SunRPC port 111.



DNS menggunakan relasi client – server untuk resolusi nama. Pada saat client mencari satu host, maka ia akan mengirimkan query ke server DNS. Query adalah satu permintaan untuk resolusi nama yang dikirimkan ke server DNS.
1.
         Pada komputer Client, sebuah program aplikasi misalnya http, meminta pemetaan IP Address (forward lookup query). Sebuah program aplikasi pada host yang mengakses domain system disebut sebagai resolver, resolver menghubungi DNS server, yang biasa disebut name server.
2.        
 Name server meng-cek ke local database, jika ditemukan, name server mengembalikan IP Address ke resolver jika tidak ditemukan akan meneruskan query tersebut ke name server  root server.
3.
         Terakhir barulah si client bisa secara langsung menghubungi sebuah website / server yang diminta dengan menggunakan IP Address yang diberikan oleh DNS server.
Contoh aplikasi –aplikasi yang menggunakan protokol TCP
Contoh protokol aplikasi yang menggunakan TCP :
·         HTTP (Hypertext Transfer Protocol) 
·         FTP (File Transfer Protocol) 
·         SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) 

Cara kerja http Bila kita mengklik link hypertext atau kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser, maka Anda sedang mentransfer URL ke browser, dan Dari URL ini browser Anda tahu server mana yang akan dihubungi dan file apa yang diminta kemudian web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server selanjutnya akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar