Halaman

Jumat, 03 Mei 2013

Metode Autentikasi pada wifi













Pada dasarnya ada tiga (3) jenis Authentikasi yang sering digunakan di sebuah HotSpot, yaitu:
•    Program bebas di Internet. Umumnya berjalan di Linux.
•    Menggunakan Software tambahan di PC biasa. Salah satu yang terbaik adalah Mikrotik yang harganya sekitar Rp. 1-7 juta.
•    Menggunakan hardware tersendiri dengan software yang sudah embedded di dalamnya. Salah satu perangkat keras jenis ini adalah IP3 yang harganya US$ 1600.
Autentikasi Wireless HotSpot pada dasarnya berfungsi untuk mempersilakan atau memblokir pelanggan yang masuk melalui jaringan HotSpot.
Standarisasi awal keamanan wireless 802.11 ini menentukan bahwa untuk bisa bergabung ke dalam jaringan AP, sebelum Anda diperbolehkan  mengirim dan menerima data melalui AP, terdapat 2 pintu yang harus dilalui yaitu Authentication dan Association. Standarisasi 802.11 menggunakan 2 jenis authentication yaitu:
1.    Open System Authentication
2.    SharedKey Authentication (WEP)

Open System Authentication
Pada open system authentication, bisa dikatakan tidak ada authentication yang terjadi karena AP akan selalu memberikan jawaban”OK, masuk aja teman. Anggap seperti rumah sendiri”.
Setelah client melalui proses Open System authentication dan Association, client sudah diperbolehkan mengirimkan data melalui AP namun tidak seperti perkiraan Anda, data yang dikirimkan tidak serta merta akan dilanjutkan oleh AP ke dalam jaringannya.
Bila level keamanan WEP diaktifkan, maka data-data yang dikirimkan oleh Client haruslah dienkripsi dengan WEP Key. Bila ternyata setting WEP Key di client berbeda dengan Setting WEP Key di AP maka AP tidak akan mengenal data yang dikirimkan oleh client yang mengakibatkan data tersebut akan di buang ke tong sampah.
Jadi walaupun client diijinkan untuk mengirim data, namun data tersebut tetap tidak akan bisa melalui jaringan AP bila WEP Key antara Client dan AP ternyata tidak sama.


2. Shared Key Authentication (WEP)
Berbeda dengan Open System Authentication, Shared Key Authentication memaksa client untuk mengetahui terlebih dahulu kode rahasia/passphare sebelum mengijinkannya terkoneksi dengan AP. Idenya adalah mengurangi data sampah.
“Jika Anda tidak mengetahui WEP Key, toh akan sia-sia saja Anda saya ijinkan masuk jadi lebih baik saya cegah dulu di pintu depan”, demikian kira-kira pikir AP.
Pada proses Authentication ini, Shared Key akan “meminjam” WEP Key yang digunakan pada proses enkripsi WEP untuk melakukan pengecekan awal. Karena Shared Key Authentication “meminjam” key yang digunakan oleh level keamanan WEP, Anda harus mengaktifkan WEP untuk menggunakan Shared Key Authentication.
Untuk menghindari aksi sniffing, pengecekan WEP Key pada proses shared key authentication dilakukan dengan metode Challenge and Response sehingga tidak ada proses transfer password/WEP Key di dalam kabel (lihat box”Bagaimana Challenge dan Response Bekerja).

-Stage 3 – 802.11 association
Pada tahap ini menyelesaikan keamanan dan pilihan bit rate juga membuat link data antara klien dan akses point. Klien mempelajari BSSID yang merupaka mac address akses point dan port pada akses point yang diketahui sebagai association identifier (AID)  ke klien. AID sama dengan port pada sebuah switch. Proses asosiasi memperbolehkan infrastruktur switch untuk melacak frame tujuan dari klien sehingga data dapat diforward.

sumber http://alfredoelectroboy3.wordpress.com/2012/05/15/autentikasi-asosiasi-dan-roaming-pada-jaringan-wireless/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar